Sabtu, 22 Agustus 2009

Cantik Gak mesti putih

Hai, blog mania! Setuju nggak sich dengan pendapat yang bilang kalo cewek yang cantik itu mesti berkulit putih? Putih, mulus, halus, lembut, ….. kalau diterus-terusin : berbulu, bertanduk, berkaki empat ….. halah Kebo donk! Hehe…

Memang, gara-gara bujuk rayu iklan yang rame-rame menawarkan produk kecantikan dan memborbardir habis-habisan seluruh media, plus modelnya yang tinggi, putih,langsing, bla bla bla…. Akibatnya, masyarakat semakin menyempitkan maka cantik itu sendiri. Yah, kalo sudah begini suksesklah para pebisnis kosmetika dalam mejajakan produknya, karena masyarakat awam mengira sang model tadi (yang katanya cantik) bisa tampil semenarik itu Karena memakai produk tersebut. Nah, kaum hawa berbondong-bondong dech memborong tu produk biar bisa jadi “Jiplakan” tu model.

JJah, kalo begini namanya korban iklan dunk?? Ntar ada produk A yang katanya mutihin kulit, trus datang lagi Produk B yang katanya ngalusin di pakai juga. Gak lama kemudian, keluar lagi produk C yang katanya ngalusin di embat juga. Waah, kalo begini kejadiannya bisa-bisa waktu sehari cuma digunakan buat molesin tubuh biar “Cling” . Terlepas dari itu, berapa budget yang harus dikeluarkan buat beli tu produk. Wah, bisa bengkak financial nanti!!!

So, apa benar sich, yang namanya cantik itu harus putih-putih????? Tau gak oprah Winfrey, Whitney Houston, dan Rihanna bisa tampil memukau tanpa repot-repot mutihin kulit.

Para ahli kesehatan mengingatkan, banyak produk-produk kosmetika yang mengandung zat-zat berbahaya seperti Merkuri dan hidroquinon. Keduanya zat ini dapat memicu kanker kulit, membuat kulit menjadi biru kehitam-hitaman serta merusak pigmentasi kulit jika di pakai dalam waktu yang lama dan dalam jumlah yang berlebihan. Ihh, ngeri banget!!!!

Kalau begitu, sebenarnya cantik itu gimana Sich? Tenang, saya akan bagi-bagi beberapa aspek tentang inner beauty. Nah, aspek inner beauty ini di rumuskan menjadi 3B + P. What is that?


1.Brain

Yaitu kecerdasan. Wanita cerdas biasanya terlihat menonjol. Ia mampu berpikir panjang, wawasannya luas dan mampu menjadi teman bicara, teman diskusi atau mungkin tempat curhat yang menyenangkan karena ia dapat membuka pola pikiran lawan bicaranya.


2.Behaviour

Yang termasuk dalam kategori ini antara lain tingkah laku/ etika/ manner. Etika diartikan sebagai cara membawa diri secara tepat dilingkungan yang tepat. Meskipun cantik dan berpendidikan tinggi, tapi gak punya etiket, orang akan mencibir sama kita. So, jaga sikap dan tingkah laku mu ya??!

3.Beauty

Kecantikan lahiriah meski bukan yang utama, tetapi tetap saja penting supaya inner beauty terlihat lebih ‘mengilap’. Tentu saja tidak dengan cara operasi khusus supaya hidung mancung atau memutihkan kulit tapi cukup dengan menyadari keasaan diri, beberapa kekurangan bisa ‘dikoreksi’.

4.Personality

Kepribadian yang mempesona tampak dari tidak adanya gangguan jiwa ringan maupun berat dengan kata lain sehat secara mental. Individu yang tida ksehat secara mental ditandai dengan gelisah, iri, dengki, egois, temperamental, sombong, de-el-el. Semua gejala tersebut tentu saja dapat merusak citra diri.

Nah, sekarang udah tau kan aspek apa saja yagn bisa membuat wanita tampil cantik. Trus, pertanyaan selanjutnya adalah gimana sich caranya agar bisa memiliki inner beauty seperti diatas????

Jawabannya, cukup dengan membaca dan memahami satu hadis berikut ini : “ Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah. “ (HR. Muslim)



Itu dia sob kuncinya! Tak ada kecantikan lain yang mampu menandingi ‘kecantikan’ kita karena kesalihan yang kita miliki. Karena dengan kesalihan akan menjadikan kita yang terindah di muka bumi ini. Wow, amazing bukan?! Maka dari itu ada beberapa hal yang perlu kamu tahu agar inner beauty kamu menjadi semakin kinclong.

 Jadikanlah gadhul bashar ( menundukkan pandangan) sebagai hiasan mata, niscaya akan semakin bening dan jernih karena terpoles dengan manisnya iman (an-Nur : 31)
 Oleskan lipstick kejujuran pada bibir niscaya akan manis(al-Ahzab : 35)
 Gunakanlah pemerah pipi dengan kosmetik yang terbuat dari rasa malu yang dipoles dari salon iman.
 Pakailah sabun istighfar yang dapat menghilangkan kuman-kuman dosa dan kesalahan.
 Rawatlah rambut dengan jilbab islami yang akan menghilangkan ketombe pandangan laki-laki yang membahayakan.
 Hiasilah kedua tangan serta jari-jari dengan gelang tawadhu’ dan cincin ukhwah.
 Sebaik-baik kalung yang digunakan adalah kalung kesucian (Al-Ahzab : 35)
 Bedakilah wajah dengan air wudhu niscaya akan bercahaya di akhirat.
 Gunakan parfum yang berasal dari akhlak islami diseluruh tubuh niscaya akan semakin imanmu.
[Sumber : girlie zone edisi 1]

0 komentar: